Senin, 31 Mei 2010

Pak Guru -Cerpen-

Cuaca pagi ini cerah banget, tapi..gue males banget sekolah. Hari ini ada pak Marto, si guru bahasa Indonesia yang ngebosenin, ugh..satu jam pelajaran dia bisa bikin gue seketika jamuran, rasanya tuh lamaaaaa banget. Mending gue telfon Dias, siapa tau dia klop ama gue soal hari ini.

“Halo Dias, sekolah ngga loe hari ini, ngga usah deh…oke ya!?” ucapku via Nokia CDMA-gue yang pinky.

“Gila loe, sekarang khan ulangannya pak Marto, mampus loe kalo sampe ngga ikut pelajaran dia lagi, loe khan udah tiga kali ngga ikut pelajaran dia” balas sahabat gue yang bikin jadi tambah bête.

“Bodo ah, gue ngga suka banget pelajaran bahasa, bikin puisi, cerpen, ah pokoknya bête, gue lebih seneng ngerjain tugas matematika seribu soal deh dari pada kudu ngikutin pelajaran bahasa” timpal gue dengan sedikit sinis.

♦♦♦

Bete juga jalan-jalan di mall sendirian, nyokap keluar kota sampe bulan depan, alhasil gue tinggal berduaan doang sama mba Tatin pembantuku yang super rajin. Yach gitu deh nasib anak tunggal, udah gitu bokap juga udah pisah sejak gue dua tahun, ach…jadi tambah bête gue inget bokap.

Ada telfon nih.

“Yuna, ada di mana loe ? pak Marto hari ini ngga masuk, dia kecelakaan, motornya di tabrak bus kopaja” teman sekelas gue Agung menelfon.

“Astagfirullah, terus..terus..guru-guru pada jenguk ? parah ngga ? terus anak-anak kapan rencana jenguk ?” seberondong pertanyaan meluncur dari mulut gue. Meski gue sebel sama pak Marto, tapi dia juga tetap guru gue, ngga ada masalah sih gue dengan pak Marto, gue cuma ngga suka banget sama pelajaran bahasa Indonesia.

♦♦♦

Udah jam enam pagi, duh..males banget gue hari ini, eh kayaknya tiap hari gue males ya.., he..he…

Semangat..semangat…semangat..mandi ah….

♦♦♦

Di ruang kelas tiga SMA Latasya yang agak rusuh, gue asik aja sedari tadi nyisir rambut gue yang hitam indah, disemir sih, abis kalo disemir warna laen jadi kayak turis nyasar.

“Yuna, tau ngga sih loe, kalo pengganti sementara pak Marto adalahhhh pak Andre, keren khan ?!” Dias teman sekelas membacakan berita hari ini dengan wajah yang sumringah.

“Pak Andre ? emang kita punya guru namanya pak Andre ?” tanya gue bingung.

“Au ah, pak Andre guru baru di sekolah kita, guru bahasa Indonesia kelas dua, yang muka sama postur tubuhnya mirip banget sama presenter Coki Sitohang” jelas Dias dengan gayanya yang super centil.

“Norak loe, ngga penting ganteng apa ngga, pokoknya pelajaran bahasa gue ngga demennnn” balas gue dengan memanyunkan bibir yang baru sembuh dari sariawan.

♦♦♦

Hari ini hari pertama pak Coki Sitohang, eh pak Andre ngajar di kelas gue yang indah dan sejuk serta penuh kedamaian, ups..terlalu lebay kayaknya. Sedari tadi gue ngga terlalu ngacuhin dia ngajar, gue ngga demen pelajaran itu. Tapi…duh…kok gue jadi deg-degan gini sih, dia ngeliatin gue mulu perasaan, yach..dia ke arah gue, eh sialan ternyata cuma lewat doang.

“Saya kasih kalian tugas untuk membuat satu cerpen, satu puisi, dan lima pantun, temanya bebas dan dikumpulkan kamis besok” pak Andre memberi tugas yang begitu banyak, aduh…alamat ngga nafsu makan deh gue.

♦♦♦

Baru jam dua, males ah kalo langsung balik ke rumah, gue jalan-jalan ke Mall dulu ah, sekalian nyari komik terbaru.

“Eh Yuna, mau pulang ya, mari saya antar” pak Andre tepat berada di hadapanku dengan tigernya yang biru tua.

“Makasih pak, saya mau ke Mall dulu, makanya saya ganti kaos nih” jawabku dengan sedikit gugup, duh norak banget sih gue.

“Ya udah kalo gitu sekalian, saya juga mau ke Mall, adik saya minta dibelikan kamus bahasa perancis” waduh, rejeki banget nih, bisa dibonceng sama pak Andre yang ganteng, yes…

Pak Andre melaju dengan tigernya, tentunya gue juga ikut.

♦♦♦

Ih…malem ini gue jadi kepikiran pak Andre mulu, keren banget sih tuh guru, tadi dia beli CD lagunya Ran, Tompi, Anggun, sama VCD kebugaran. So sweet banget sih tuh cowok, aduh..tadi indah banget rasanya ditraktir es cream, udah gitu gue dikasih buku kumpulan puisi salah satu koleksinya yang dia bawa di dalam tasnya. Gue bela-belain baca buku ini buat pak Andre, oh pak Andre..oh pak Andre, ih…gue jadi kayak orang gila gini senyum-senyum sendiri, he..he…

Mending ngerjain tugas dari pak Andre, komputer pentium empat udah siap gue ketak-ketik, gue hampir ngga pernah pake nih komputer selain buat chating. Mmmm…gue bikin puisi dulu deh.

♦♦♦

Waw Rabu yang indah, tadi gue berpapasan sama pak Andre di depan ruang kelas satu, bukan kebetulan sih tapi emang sengaja biar gue berpapasan, gue jadi ngga sabar nunggu besok, jam pelajaran dia di kelas gue.

“Yuna, ngapa loe bengong, ayo jam istirahat udah abis” Dias menarik tangan gue menuju kelas.

“Eh, loe kayaknya sering banget curi-curi pandang ke pak Andre, loe naksir ya ?” Dias bertanya dengan mata melotot, eh bukan melotot tapi emang matanya yang belo banget.

“Sok tau loe, pak Andre kayak pedekate gitu ke gue” ucap gue pede pada Dias

“Ih..plis deh Yun, apa buktinya ?” Dias membalas sinis, ngiri kali yaa..

“Dia tuh pernah ngeboncengin gue dengan motornya itu, udah gitu gue ditraktir, eh dikasih buku favoritnya lagi, apa itu bukan yang namanya langkah-langkah seorang pria ngedeketin wanita” jawab gue semangat, sampai-sampai teman sekelas nengok ke arah gue, mudah-mudahan mereka ngga ngeh ama apa yang gue bilang, bisa-bisa wanita-wanita di kelas gue pada demam tinggi lantaran ngiri sama gue. Jujur sih, gue itu salah satu wanita idola di SMA gue, udah sepuluh cowok di SMA ini yang udah jadian sama gue, terus gue putusin, secara fisik gue diatas rata-rata.

♦♦♦

Sekarang gue jadi semangat sekolah terus, pak Andre itu alasannya. Udah sebulan pak Andre ngegantiin pak Marto, besok pelajaran pak Andre lagi, Dias temen sebangku gue kaget kalo gue jadi hobi tuh ama yang namanya bikin puisi dan jadi doyan baca sastra. Aduhhh udah tiga hari terakhir gue seneng banget, gue dianterin pulang mulu sama pak Andre, pak Andre…emang dia udah jatuh cinta pada wanita yang tepat, yaitu gue.

♦♦♦

Loh kok yang nongol pak Marto bukannya pak Andre.

“Selamat pagi anak-anak” pak Marto yang sudah pulih memberi salam.

“Selamat berjumpa kembali, hari ini bapak kembali mengajar setelah satu bulan istirahat” pak Marto senyum-senyum dengan kumis tipisnya.

“Pak Andrenya ?” spontan pertanyaanku lantang meluncur.

“Oh pak Andre titip salam buat kalian, pak Andre sudah pindah dari sekolah kita, beliau ingin melanjutkan S2 di Yogyakarta” seketika badan gue serasa remuk dilindas truk seusai pak Marto memberikan kabar yang sumpah menyedihkan banget.

♦♦♦

Hari ini bolos sekolah, tiba-tiba gue jadi ngga enak badan. Pak Andre…kapan kita bisa ketemu lagi. Kok dia ngga pamit sama gue ya…, aduh…kenapa kita ngga tukeran nomer HP sih…

Gue buka-buka buku kumpulan puisi pemberian pak Andre yang baru gue baca kata pengantarnya doang. Saat gue buka-buka lembarannya, tepat di halaman 79 terselip kartu nama pak Andre, terima kasih Tuhan.., akhirnya.

Ku tekan digit nomer handphone pak Andre. Nada sambung sudah terdengar, yup..diangkat.

“Assalamualaikum…” suara wanita dari handphone pak Andre.

“Wa’alaikum salam, bisa bicara dengan pak Andre !” balasku semangat.

“Pak Andrenya sedang di kamar mandi, ini dengan siapa ?” jawab dan tanya wanita disebrang sana.

“Aku Yuna, muridnya dari Jakarta, ini siapanya ya ?” jawab dan tanyaku pada wanita yang mengangkat handphone pak Andre.

“Saya Mariam istrinya” jawabnya singkat. Spontan gue matiin HP gue. Seketika gue lemesss banget. Pak Andre udah punya istri ???.

Gue benci pelajaran bahasa…….benci………….

♦♦♦

Tidak ada komentar:

Posting Komentar